Mode Single User CentOS-RHEL

Saya baru saja melakukan hal yang menurut saya ajaib. Mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Tapi bagi saya, ini pengalaman pertama: Booting Linux dengan mode single user. Alhasil, saya bisa mengubah password root sesuai yang saya inginkan. Sebenarnya saya hanya ingin menggunakan program yang dimasukan dalam bundle CentOS 5.4. Tetapi saya tidak diberikan user account untuk mengakses CentOS tersebut. Lalu saya berpikir, apa mungkin ada default user account di CentOS? Setelah googling, saya mendapat informasi bahwa Linux distro CentOS(jadi kemungkinan distro Redhat lama dan RHEL) menyediakan booting dengan mode single user.

Mode single user di Linux membuat user mengakses Linux tanpa harus memasukan user dan password tertentu. Asumsinya tiap orang yang mengakses hanya menggunakan satu account superuser default yang sama. Uniknya, siapapun bisa mengubah password root Linux yang ada. Tentunya ini menyebabkan siapapun bisa masuk ke Linux ini tanpa kesulitan apapun (dengan asumsi user mempunyai akses fisik ke Linux tersebut).

Benar saja, saya bisa mengubah tidak hanya password root tetapi password user lain. Setelah itu saya tidak mempunya kesulitan untuk masuk ke Linux tersebut dengan account root atau account lainnya. Berikut ini adalah langkah yang saya lakukan:

  1. masuk GRUB Loader
  2. ketik a untuk menambahkan argumen mode booting
  3. ketik spasi 1 atau spasi s untuk menambahkan mode single user
  4. ketik enter untuk mengeksekusi tambahan mode
  5. ketik b untuk booting

Setelah itu seharusnya Linux sudah menampilkan GUI-based atau text-based Linux home. Anda sudah mempunyai hak akses superuser ke semua fungsi dan data, tidak terbatas.

Sumber bisa dilihat di ServerFault dan di Wikipedia

  • Trackback are closed
  • Comments (2)
    • fahmylemonz
    • March 27th, 2011

    Ijin nyimak ah 😀

    dan saya pusing

      • hamdan
      • March 29th, 2011

      pusing yang mananya dulu neh? pernah nyoba pake centos?

Leave a Reply

