Anti Social

Saya memang suka di rumah, hanya keluar rumah untuk urusan penting saja. Saya lebih sering menggunakan laptop untuk bekerja sehari-hari daripada komunikasi dengan orang lain. Saya tidak akan datang ke acara jika saya malas pergi kesana apalagi memang tidak diundang. Ketika di acara pun saya lebih banyak menjadi pendengar, jarang bicara/bercanda(biasanya jayus/garing). Lalu apakah itu menjadikan saya orang anti sosial?

Teman dekat saya cukup banyak dan kadang-kadang mereka datang ke rumah saya dengan berbagai alasan(biasanya untuk konsultasi komputer/laptop/internet). Saya juga kadang janjian dengan teman untuk sekadar ngobrol atau jalan bareng. Bahkan saya sekarang tinggal dengan 4 teman saya(satu kontrakan). Memang ada aja masalah yang terjadi, tetapi selalu selesai. Lalu apakah itu menjadikan saya orang gaul?

Ada beberapa teman saya yang bilang saya autis karena saya dianggap anti sosial. Padahal istilah anti sosial itu menjadi terlalu umum digunakan. Karakteristik utama seorang anti sosial adalah rasa ketidakpeduliannya yang sangat parah terhadap hak orang lain dan aturan/hukum di masyarakat. Mereka jarang sekali merasa menyesal dan tidak pernah merasa bersalah.
Anti Social

Referensi yang didapat dari Internet mengatakan bahwa Antisocial Personality Disorder (APD) dapat disamakan dengan perilaku kriminal. Saking samanya, faktanya adalah hampir seluruh(65-75%) penjahat memilikinya. Ciri-cirinya:

  • Tidak bertanggung jawab
  • Tidak taat aturan
  • Impulsif
  • Tidak peduli hak/keselamatan orang lain
  • Tidak merasa sedih
  • Manipulatif dan curang
  • Mudah marah
  • Rasa berkuasa
  • Apatis
  • Sikap tidak sadar
  • Menyalahkan orang lain
  • Sangat dingin
  • Pemahaman yang bertentangan

Jika ada yang merasa memiliki 3 diantara karakteristik yang di-bold, maka kalian bisa dianggap ANTI SOSIAL.

Sebenarnya ada juga alasan lain kenapa kita mungkin dianggap anti sosial oleh seseorang:
I Don't Like You

Tinggal di lingkungan masyarakat dimana keinginan seringkali kalah dengan tuntutan dan ekspektasi orang lain itu membuat saya agak beda. Hal ini yang biasanya menyebabkan kita dianggap beda/autis/anti-sosial karena kita tidak melakukan apa yang “banyak” orang lakukan. Kadang memang merasa terkucil, untungnya menemukan teman yang sama naifnya untuk mewujudkan keinginan/mimpi ini. Menjadi benar secara kolektif menjadi norma dari menjadi benar apa adanya. Semoga tiap orang yang merasa beda dikuatkan keyakinannya untuk terus mengejar keinginannya di jalan yang baik dengan niat yang baik.

  • Trackback are closed
  • Comments (0)
    • Tika
    • December 3rd, 2010

    Aku gampang marah :p

    Jd kalo km males dtg/ga bisa dtg/gamau dtg ke suatu acara/ketemu org, artinya anti social? jd gak gaul = anti social?

      • hamdan
      • December 3rd, 2010

      bukan gitu juga. Coba baca lagi, kalo kamu mempunyai 3 karakteristik itu baru dibilang anti sosial. Ga dateng ke suatu acara itu bukan tandanya anti sosial

  1. Hi there friends, how is everything, and what you wish for to say about
    this article, in mmy view its actually remaarkable in support of me.

  2. Hello everyone, it’s my first pay a visit at tthis web site, andd post is actually fruitful for me, keep up posting these posts.

  3. Hi there to every body, it’s my first pay a visit of
    this website; thijs web site carries remarkable and genuinewly excellent stuff designed
    for readers.

  4. What’s up, I would like to sybscribe for this web site to get latest updates,
    therefore where can i do it please help.

  5. I read this piece off writing completely aboujt the difference of most up-to-date and earlier technologies, it’s awedome article.

  6. Iam regular visitor, hoow are you everybody?
    This article posted at this site iis really nice.

  7. Heey there! I juat wanted tto ask if you ever have any issues with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months off
    hard work due to no backup. Do you have any methods to stop
    hackers?

Leave a comment